http://picasaweb.google.com/lh/photo/WZ0aVCj3uGHlwGtk_GrnEQ?feat=directlink rindu ku: contoh teks khutbah

SIAPA AKU, AKU JUGA BINGUNG

Rabu, 25 November 2009

contoh teks khutbah

Download aja PDF filenya jika ingin hasil yang baik jgn yg word, notepad, atau copy paste........ingat PDF nya.....



Hikmah berpuasa di bulan Romadlon

اَلْحَمْد ِﷲِاَلَّذِيْ اَنْزَلَ الْفُرْقَانَ فِيْ شَهْرِ رَمَضَانَ. فَعَظَّمَ قَدْرُهُ بِذَالِكَ وَاَجْزَلَ فِيْهِ مِنَ اْلاِحْسَانِ . فِيْهِ تُفْتَحُ الْجِنَانُ وَ تُغْلَقُ النِّيْرَانُ . فَاَتَمَّهُ بِذَالِكَ وَشَعْشَعَهُ وَاكْمَلَ فِيْهِ اْلاِمْتِنَانِ . وَوَسَّعَ فِيْهِ عَلىٰ خَلْقِهِ وَاَنْعَمَ عَلَيْهِمْ فِيْهِ بالْغُفْرَانِِ . وَاَيَّدَهُ عَلىٰ سَائِرِ اْلاَشْهُرِ بِاَنْ قَيَّدَ فِيْهِ كُلِّ مَارِيْدٍ وَ شَيْطَانٍ. اَحْمَدُهُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالىٰ عَلىٰ جَمِيْعِ اْلاِحْسَانِ. وَاَشْهَدُ اَنْ لاَاِلهَ الاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ. شَهَادَةً تُنْجِى قَائِلَهَا مِنْ اَهوَالِ النِّيْرَانِ. وَاَشْهَدُ اَنَّ سيِّدَناَََ وَنَبِيِّنَاوَعَظِيْمَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ ُ سَيِّدُ وَلَدِ عَدْنَانَ . صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ عَلىَ اٰلِهِ وَ اَصْحَابِهِ صَلاَةً وَسَلاَمًا دَاۤئِمَيْنِ

متَلاَزِمَيْنِ فِيْ كُلِّ وَقْتٍ وَ اَوَانٍ. وَسَلِِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا

اَمَّا بَعْدُ: فَيَا مَعَاشرَ الْمُسْلِمِيْنَ وَ زُمْرَةَالْمُؤْمِنِيْنَ اِتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ اِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

Saudaraku kaum Muslimin yang saya muliakan.
Pada saat ini kita semua sudah berada diakhir Romadlon, untuk itu marilah kita gunakan kesempatan yang ada ini dengan memperbanyak ibadah kepada Allah dan sekaligus marilah meningkatkan rasa taqwa kepada Allah dengan melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya agar setelah selesai menjalankan puasa Romadlon bisa mendapatkan derajat yang tinggi, yaitu kembali pada kesucian seperti bayi saat dilahirkan dari perut ibu. Selanjutnya marilah kita bersyukur kepada Allah atas segala nikmat, rahmat dan hidayah-Nya yang telah diberikan kepada kita sekalian, baik berupa kesehatan jasmani dan kesehatan rohani lebih lebih nikmat iman dan islam sehingga sampai detik ini masih dalam keadaan muslim serta dapat melaksanakan perintah Allah berupa puasa di bulan Romadlon ini dan amalan –amalan sunat lainnya.
Saudaraku kaum muslimin yang berbahagia.
Jangan sampai kita terlena dengan hiruk pikuknya idul fitri dengan urusan mudik, tunjangan hari raya, mencari pecahan uang 2000 yang baru, cuti bersama, baju baru, sementara kita diujung pintu perpisahan dengan Romadlon yang agung ini. Apakah kita sudah siap ?.
Sebagaimana kita ketahui siap atau tidak siap dalam hitungan hari kita akan ditinggalkan oleh bulan yang mulia ini, marilah kita renungkan sejenak apa yang sudah kita kerjakan dibulan Romadlon ini yang tidak kita kerjakan dibulan yang lain, siapkah kita ditinggalkan oleh Romadlon. Dan untuk bertemu dengan Romadlon lagi kita harus menunggu selama 11 bulan lagi, dan kita tidak mengetahui apa saja yang akan terjadi dalam masa penantian itu.
Mungkin kita bisa bertemu lagi dengan Romadlon, atau mungkin juga kita sudah mati, atau kita sakit sehingga tidak bisa berpuasa dengan sempurna, atau mungkin indera penglihatan kita sakit sehingga tadarus menjadi kurang nyaman, atau kita tahun depan menjadi kaya tetapi kita tidak mempunyai kepedulian social lagi, atau yang lebih membahayakan jika dalam masa penantian romadlon tahun depan hidayah Allah telah dicabut dari diri kita karena Allah Maha Kuasa untuk menunjukkan kita dijalanNya atau menyesatkan kita
Ada sebuah hadits yang berbunyi : berkata Ali dan Ibnu Mas’ud Ra :

مَن اَفْطَرَ يَوْمًامِنْ رَمَضَانَ لاَ يَقْضِيْهِ صَوْمُ الدَّهْرِ

Artinya “barang siapa tidak berpuasa sehari saja dari Romadlon maka tidak bisa menebusnya dengan puasa setahun”

Setiap amDiriwayatkan dari Imam Muslim : Nabi Muhammad Saw sangat bersungguh-sungguh dalam sepuluh hari yang terakhir dari romadlon yang mana hal itu tidak beliau lakukan di selain sepuluh hari itu dan Nabi Saw mengkhususkan di sepuluh hari itu dengan amalan amalan yang tidak beliau lakukan di bulan yang lain alan ibadah atau pekerjaan apapun pasti mempunyai hikmah, maksud dan tujuan. Demikian pula ibadah puasa Romadlon ini. Didalamnya juga mengandung bermacam-macam hikmah dan manfaat yang penting bagi kehidupan manusia.
Untuk itu, maka sebelum kita mengakhiri ibadah puasa Romadlon sekarang ini marilah kita mengungkap sedikit diantara sekian banyak hikmah puasa Romadlon ini. Harapan kita tentunya agar puasa kita semakin baik dan akhirnya akan memeperoleh hikmah itu.
Hikmah puasa romadlon sangat banyak sekali. Namun sebelumnya kami sampaikan pula bahwa disamping mencari hikmah dari ibadah puasa ini, ada sesuatu yang tidak boleh dilupakan yaitu tujuan dari ibadah puasa tersebut. Dengan maksud agar kita tidak salah niat dan tujuan dalam melakukan ibadah puasa yang cukup berat ini sehingga ibadah puasa Romadlon ini tidak sia-sia.
Secara umum sudah kita ketahui, bahwa tujuan ibadah puasa Romadlon adalah agar manusia menjadi orang yang bertaqwa sekaligus untuk melebur segala dosa dan segala kesalahan sehingga diharapkan pada akhir menjalankan ibadah puasa nanti dapat kembali pada kesucian. Hal ini ditegaskan dalam Al Qur’an dan hadits berikut ini :


يَٰۤاَيُّهَا الَّذيْنَ ٰامَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ

“hai orang-orang yang beriman! diwajibkan kepadamu puasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu, supaya kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa” (QS. Al Baqarah : 183)
Dari Abdurrahman bin Auf berkata: Rasulullah Saw bersabda :

شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ كَتَبَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ وَ سُنِنَتْ لَكُمْ قِيَامُهُ فَمَنْ صَامَهُ وَ قَامَهُ اِيْمَانًا وَ احْتِسَابًا خَرَجَ مِنْ ذُنُوْبِهِ كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ اُمُّهُ

“Bulan Romadlon adalah bualan yang Allah telah mewajibkan atasmu berpuasa, dan disunatkan kepadamu ibadah dimalam harinya. Maka barangsiapa yang berpuasa dalam bulan Romadlon dan beribadat dimalam harinya karena iman dan mengharap ridlo Allah, maka keluarlah ia dari dosa-dosanya sebagaimana bayi yang baru keluar dari perut ibunya” (HR. Ibnu Majah dan Al Baihaqy).

Dari Ibnu Abbas Ra. Berkata: aku mendengar Rasul Saw bersabda

لَوْ تَعْلَمُ اُمَّتِيْ مَا. فِيْ رَمَضَانَ لَتَمَنَّوْا اَنْ تَكُوْنَ السَّنَةُ كُلُّهَا رَمَضَانَ ِلاَنَّ الْحَسَنَةَ فِيْهِ مُجْتَمِعَةٌ والطَّاعَةَ مَقْبُوْلَةٌ وَالدَّعَوَاتِ مُسْتَجَابَةٌ وَالذُّنُوْبَ مَغْفوْرَةٌ وَالْجَنَّةَ مُشْتَاقَةٌ لَهَُُمْ

“Jika umatku mengetahui tentang sesuatu yg tersembunyi dalam bulan Romadlon, pasti mereka mengharap seluruh bulan dalam setahun menjadi bulan Romadlon. Sebab iamenhimpun segala kebaikan dan taat dikabulakan dan do’a-do’a dikabulkan, segala dosa diampuni, dan sorga merindukan mereka”
Dalam suatu Hadits Nabi Saw bersabda : lima perkara diberikan kepada umatku, tidak pernah diberikan kepada umat sebelumnya, yaitu :
1. Allah memandang umat ini, penuh rahmat, pada malam pertama Romadlon, padahal siapa yg dipandang penuh rahmat oleh-Nya , maka Allah tidak bakal selama-lamnya.
2. Para malaikat beristighfar bagi umat ini, atas perintah Allah SWT.
3. Sungguh, disisi Allah bau mulut orang berpuasa lebih harum dari bau kasturi.
4. Allah berfirman : menyuruh sorga supaya menghias diri beruntung bagi hambaKu yang mukmin, sebaba mereka adalah para kekaasihKu.
5. Allah mengampuni seluruh umat ini (umat Muhammad SAW)
Demikian diantara hikmah puasa Romadlon. Mudah-mudahan selama menjalankan puasa sebulan ini kita bias mendapatkan hikmah-hikmah tersebut.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَ لَكُمْ فِيْ الْقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ. وَنَفَعَنِي وَ اِيَّاكمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلاٰيَاتِ وَ الذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. وَ تَقَبَّلَ اللهُ مِنِّيْ وَ مِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ اِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ. اَقُوْلُ قَوْلِيْ هٰذَا واَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَ لَكُمْ وَ لِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ. فاَسْتَغْفِرُوْهُ اِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ


Khutbah kedua

بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرٰحِمِيْنَ .
اَللَّهُمَّ اَعِزَّ لاَمَاْلاِسْ وَ الْمُسْلِمِيْنَ وَ اَذِلَّ الشِّرْكَ وَ الْمُشْرِكِيْنَ وَ دَمِّرْ اَعْدَاءِ الدِّيْنِ . اَللَّهمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ اَ ْلاَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَ ْالاَمْوَاتِ اِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَ قَاضِيَ الْحَاجَاتِ ياَ رَبَّ اْلعاََلَمِيْنَ رَبَّنَا اٰتِنَافِيْ الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِيْ اْلاخِرَةِ حَسَنَةً وَ قِنَا عَذَابَ النَّارِ.
عِبَادَ اللهِ اِنَّ اللهَ يَأمُرُبِالْعَدْلِ وَ اْلاِحْسَانِ وَ اِيْتَاۤءِ ذِي القُرْبٰى وَ يَنْهٰى عَنِ اْلفَحْشَاۤءِ وَ الْمُنْكَرِ وَ الْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ فَاذْكُرُوْا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَ اشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَ لَذِكْرُ اللهَ وَ اللهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ.

اَلْحَمْدُ ِﷲِاَلَّذِيْ لَهُ الْمُلْكُ وَ لَهَُ الْحَمْدُ وَ هُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئﹴ قَدِيْرﹲ. وَاَشْهَدُ اَنْ لاَاِلهَ الاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ. وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ وَ حَبِيْبُهُ وَ صَفِيُّهُ وَ خَلِيْلُهُ الْبَشِيْرُ النَّذِيْرُ وَ السِّرَاجُ الْمُنِيْرُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَ سَلِِّمْ وَبَارِك عَلَى عَبْدِكَ وَ رَسُوْلِكَ محَُمَّدٍ وَّ عَلَى اٰلِهِ وَ اَصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ.
اَمَّا بَعْدُ: فَيَا عِبَادَ اللهِ اِتَّقُوْا اللهَ وَ رَسُوْلَهُ لَعَلَّكُمْ تُرْحمُوْنَ . فَقَالَ اللهُ تَعَالٰى اِنَّ اللهَ وَمَلاۤئِكَتَه‘ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ يَٰۤاَيُّهَا الَّذيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَ سَلِّمُوْا تَسْليْمًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَ سَلِِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِناَََ وَ حَبِيْبِنَا محَُمَّدٍ وَّ عَلَى اٰلِ سَيِّدِناَََ محَُمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ وَ سَلَّمْتَ وَ بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِناَََ إِبْرَاهِيْمَ فِي الْعَالَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. اَللَّهُمَّ وَارْضَ عَنِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ اَبِيْ بَكْرٍ وَ عُمَرَ وَ عُثْمَانَ وَ عَليٍّ وَ سَائِرِ الصَّحَابةِ وَ التَّابِعِيْنَ وَمنْ تَبِعَهُمْ بِاِحْسَانٍ َاِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tanks for invite my blog